1. Piston.
Untuk memodifikasi motor Anda agar menjadi lebih cepat lajunya, Anda harus mengurangi berat piston sehingga tenaga motor
meningkat karena tenaga yang hilang untuk melawan berat piston. Untuk mengurangi berat piston,
Anda bisa memotong bagian bawah dari piston,
besarnya bagian yang dipotong tersebut sudah tertentu (pasti) dan tiap sepeda motor tidak sama.
2. Kepala
Silinder. Dalam proses modifikasi motor
Anda, kompresi ruang bahan bakar sangat
menentukan tenaga yang dihasilkan. Prinsipnya, semakin tinggi kompresi bahan bakar semakin besar
tenaga yang dihasilkan. Untuk mempertinggi
kompresi ruang bakar dapat dilakukan dengan mengurangi volume ruang
bakar. Pada sepeda motor umumnya, hal ini dilakukan dengan menggerinda kepala silinder
sehingga ruang bakar berkurang dan kompresinya meningkat.
3. Lubang
Pembilasan. Jumlah gas baru campuran bensin dan udara yang dimasukkan ke ruang bakar
sangat menentukan ternaga motor yang dihasilkan. Semakin
banyak gas yang dimasukkan berarti kepadatan gas semakin tinggi sehingga
tekanan kompresi naik dan pembakaran lebih baik.
Untuk mencapai hal itu, lubang pembilasan (pemasukkan) diperluas agar
jumlah gas baru yang masuk lebih banyak. Perluasan lubang
bilans tersebut harus tetap pada batas-bataa tertentu dan disertai pula
modifikasi di bagian lain. JIka hal itu tidak
dilakukan maka motor bukannya bertambah tenaganya,
tapi justru menjadi rusak.
4. Sistem
Kelistrikan. Tenaga listrik pada motor
kebyakan 6 volt. Tagangan tersebut dapat
diubah menjadi 12 volt dengan mengubah system kelistrikannya. Dengan tegangan 12 volt,
lampu-lampu menjadi lebih terang, klakson menjadi lebih
keras dan bunga api busi menjadi lebih besar.
5. Rocker Arm. Rocker arm atau lengan penumbuk katup juga
berfungsi untuk meneruskan gerakan dari batang penekan (push
rod) atau dari poros pam sehingga katup
bisa membuka dan menutup. Rocker arm yang baik adalah yang ringan tapi kuat. Jika pemotongan rocker arm berlebihan akan
mengakibatkan rocker arm menjadi mudah patah.
6. Roda Gigi. Modif motor dilakukan dengan tujuan agar kecepatan sepeda motor
bertambah pada tenaga mesin yang sama, roda
gigi belakang harus diganti dengan ukuran diameter yang lebih
kecil, jika roda gigi diganti dengan yang lebih
kecil tentu saja panjang ranta roda harus dikurangi dan disetel.
Sumber : http://tipsanda.com/2011/05/01/tips-sederhana-memodifikasi-motor-agar-lebih-kencang-lajunya/
Tidak ada komentar:
Posting Komentar