
Tiga Jurus Buat Motor Kencang
korek mesin motor ,Ada tiga jurus bikin motor jadi kencang,salah satunya lo bisa liat besutan pabrikan garputala jupiterZ tahun 2006.
besutan jupiter semuanya masih bawaan
pabrik tidak ada yang gw ganti.
sebelum dijelasin tiga jurus bikin motor jadi kencang,pertama-tama kita harus tau mau di bawa kemana arah spek balapnya.
lo mau bikin standar tapi kencang yang biasa kita sebut kohar (korekan harian) apa lo mau yang lebih dari itu,semua itu ada jawabannya tergantung kalian dan modal kalian.
JURUS PERTAMA (CARBURATOR )
Kita bermain simpel,artinya kita usahakan bermain yang tidak mengeluarkan biaya banyak contohnya kita bermain di CARBURATOR.
biasanya motor bawaan pabrik respon awal sangat galak tapi untuk melaju kencang sangat sulit,itu dikarnakan sepuyer yang dipakai berukuran kecil sehingga pasokan bensin kurus(kurang) motor jadi gesit di putaran bawah tapi top speednya loyo.
semua itu bisa diatasi dengan mengganti sepuyer pada karburator dengan ukuran yang lebih besar dari standarnya,tapi jangan asal ganti,karna dapat mengakibatkan motor jadi berebet.
JURUS KEDUA (PENGAPIAN )
Di dalam motor standar,pengapian sudah di tentukan atau sudah di batasi dari pabrik atau sering kita sebut pengapian LIMITER.
Dan itu bisa diatsi dengan mengganti CDI standar dengan CDI racing,bagi yang tidak mau mengganti CDI bisa di akali dengan menggeser pengapian.
Cara menggeser pengapian itu juga sangat mudah,kita tinggal melepas bagian magnet dan menggeser pulser dengan cara mencoak lubang kedudukan pulser,tapi jangan sembarangan menggeser karna dapat berakibat motor susah hidup.
JURUS KE TIGA (CAMSAFT )
Camsaft atau sering kita sebut NOKEN AS sangat berperan penting dalam mesin berbasis 4TAK sedangkan untuk mesin berbasis 2TAK di tentukan oleh porting,untuk yang satu ini saya tidak bisa mengulas lebih dalam dikarnakan saya takut kalian belum mengerti derajat untuk merubah camsaft untuk mesin 4TAK dan juga berapa milimeter untuk mengangkat porting untuk mesin 2TAK semua itu harus dengan pembelajaran yang serius dan sungguh-sungguh.
sebelum dijelasin tiga jurus bikin motor jadi kencang,pertama-tama kita harus tau mau di bawa kemana arah spek balapnya.
lo mau bikin standar tapi kencang yang biasa kita sebut kohar (korekan harian) apa lo mau yang lebih dari itu,semua itu ada jawabannya tergantung kalian dan modal kalian.
JURUS PERTAMA (CARBURATOR )
Kita bermain simpel,artinya kita usahakan bermain yang tidak mengeluarkan biaya banyak contohnya kita bermain di CARBURATOR.
biasanya motor bawaan pabrik respon awal sangat galak tapi untuk melaju kencang sangat sulit,itu dikarnakan sepuyer yang dipakai berukuran kecil sehingga pasokan bensin kurus(kurang) motor jadi gesit di putaran bawah tapi top speednya loyo.
semua itu bisa diatasi dengan mengganti sepuyer pada karburator dengan ukuran yang lebih besar dari standarnya,tapi jangan asal ganti,karna dapat mengakibatkan motor jadi berebet.
JURUS KEDUA (PENGAPIAN )
Di dalam motor standar,pengapian sudah di tentukan atau sudah di batasi dari pabrik atau sering kita sebut pengapian LIMITER.
Dan itu bisa diatsi dengan mengganti CDI standar dengan CDI racing,bagi yang tidak mau mengganti CDI bisa di akali dengan menggeser pengapian.
Cara menggeser pengapian itu juga sangat mudah,kita tinggal melepas bagian magnet dan menggeser pulser dengan cara mencoak lubang kedudukan pulser,tapi jangan sembarangan menggeser karna dapat berakibat motor susah hidup.
JURUS KE TIGA (CAMSAFT )
Camsaft atau sering kita sebut NOKEN AS sangat berperan penting dalam mesin berbasis 4TAK sedangkan untuk mesin berbasis 2TAK di tentukan oleh porting,untuk yang satu ini saya tidak bisa mengulas lebih dalam dikarnakan saya takut kalian belum mengerti derajat untuk merubah camsaft untuk mesin 4TAK dan juga berapa milimeter untuk mengangkat porting untuk mesin 2TAK semua itu harus dengan pembelajaran yang serius dan sungguh-sungguh.
JURUS PERTAMA :
Gambar diatas saya beri nomor urut 1 sampai
3 sebenarnya pada gambar 1sampai 3 semua itu gambar karburator bukan
ukuran standar bawaan motor, yang bikin motor kita jadi kenceng bisa
maenin karburator aja dengan cara mengganti sepuyernya dengan ukuran
yang lebih besar ,tapi ku saranin buat motor yang benar-benar standar
kita naikin spuyer jangan terlalu besar minimal kita naikin 5 sampai
maksimal 10,tapi kalo kita mau rombak yang agak ekstrim lo bisa lemer
karbu,biasanya ada batasan buat ngelemer karbu kita,ku saranin remer 1,5
sampai 2mm,itu juga ga bisa kita kerjain sendiri kita musti singgah ke
tukang bubut.
Jadi gak bisa sembarangan
and kita anggap enteng karna kalo lemer karbu resikonya sangat
besar,karbu kita gak bisa di balikin jadi standar lagi dan kalo salah
sedikit aja pada lemeran kita itu berakibat motor kita susah di seting
dalam arti kata jadi ngawur tu setingan,jadi gw saranin buat pemula
kita cukup main sepuyer aja karna gak beresiko tinggi dan bisa di
balikin jadi standar lagi.palagi buat harian,,,ya gak?????
JURUS KEDUA :

Di atas lo bisa liat, itu yang di namain CDI
atau banyak orang awam bilang perangkat pengapian tapi sekali
lagi gw minta maaf sama kalian karena semua contoh gambar tersebut ku
ambil dari INTERNET semua,karna gw gak punya kamera
digital maklum orang susah.
Buat yang satu
ini ku gak bisa ngasih penjelasan yang kongkrit karna dalam
pembelajaran ku CDI atau perangkat pengapian ini sudah di buat
permanen,kita semua gak bisa ngerubah apa lagi kutak kutik tu CDI bisa
gak idup motor kita alias MAMPUS,tapi semua itu ada jalan keluarnya
,kita liatkan gambar diatas ada 2 CDI,yang gak ada logonya itu CDI
standar pabrik and yang satunya CDI racing,setiap motor standar
biasanya perangkat CDInya menggunakan CDI yang LIMITER
sehingga kita tidak bisa geber motor hingga maksimal karna sudah
dipatok hanya bisa digeber misalkan Cuma 10000rpm gak bisa lebih
,sedangkan CDI racing pada gambar yang ada disamping gambar CDI standar
tersebut menganut sistim CDI unlimiter artinya rpm
yang di hasilkan gak dipatok bahkan bisa melampaui rpm standarnya.
Oleh karna itu ku saranin ma kalian jangan main-main
sama perangkat yang satu ini,mending langsung lo ganti aja CDI yang
standar ama yang RACING kalo kalian mau ngedapetin rpm
yang maksimal,kan udah banyak perangkat CDI yang di jual di TOKO
AKSESORIES,
Yang ketiga ini
adalah NOKEN
AS atau bahasa mekaniknya CAMPSAFT
,NOKEN AS ini berfungsi untuk mengatur keluar masuknya
pasokan bahan bakar yang akan diproses sampai menghasilkan tenaga pada
mesin motor kalian,dalam dunia balap motor ini adalah perangkat sakti
buat para tuning mesin ,karna perangkat ini sangat-sangat sensitive
jika salah korek sedikit aja motor langsung ogah lari alias
lemot,para mekanik punya jurus masing-masing dalam memodifikasi
NOKEN AS.
Tapi
ku punya bocoran sedikit buat kalian bro yang suka bikin kencang motor
apalagi bagi para jago balap liar,moga-moga bocoran ku ini bisa lo
terapin ama tunggangan kalian,sebelum kalian korek
NOKEN AS,kalian harus paham dulu apa aja yang harus kalian
perhatiin.
Pertama
–tama kalian ukur camp standarnya baik yang IN maupun yang EX dengan
alat ukur yang namanya SIKMAT,trus kalian catat LIFT
nya berapa trus LSA nya juga,kalau untuk motor standar
korek kita tidak perlu EXTRIM untuk memangkas campnya,cukup mengambil
0,5mm dari ukuran standar motor udah sangar,tapi dalam hal ini kalain
bro jangan salah tanggap jangan kalian pikir kalo kalian udah pangkas
CAMP nya motor lo langsung ngacir,kalian harus (KUDU)ngukur KOMPRESI
motor kalian karna CAMP yang dah kalian ubah tadi membutuhkan pasokan
bahan bakar yang gak sedikit lagi,jadi OTOMATIS
KOMPRESI MOTOR harus diukur ulang untuk mendapatkan POWER
yang MAKSIMAL.
Setelah diubah ukur KOMPRESI menggunakan
Alat ukur KOMPRESI yang dinamakan (BURED ),karna
dengan mengukur KOMPRESI ulang kita dapat mengetahui perbandingan
KOMPRESI standar dengan setelah kita rubah,karna kelebihan KOMPRESI
juga gak bagus,mengakibatkan motor galak di bawah atasnya mandek juga
bisa mengakibatkan kemacetan pada SEHER (PISTON
),sebelum mencoba trik di atas alangkah baiknya kalian mempelajari
dahulu cara-cara tuning CAMP agar tidak menjadi
penyesalan dikemudian hari,semoga tips yang singkat
dari saya ini bermanfaat.semua cara seting noken as(camshaft) sudah ada
di korekmesin.com di halaman lain,kalian buka2 lagi aja caranya.
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
BalasHapusMari bergabung bersama kami sekarang di WDQQ . ORG
BalasHapusDisini mudah menang lohh say..
Tersedia 8 Games dalam 1 id
Minimal Depo & WD hanya 50 ribu saja
Ada bonus menarik lain yang menunggu di WDQQ . ORG
Contact :
BBM : D8B8BD43
Line : wedeqq
WhatsApp : +855-882-626-517 ( 24 jam Online )
Tunggu apa lagi sayy
Ayoo daftar di WDQQ . ORG